Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Bait Ke 18 Nadhom Aqidatul Awamm Kisah Nabi Harun dan Musa Alahimassalaam

 Ngaji Kitab Aqidatul Awam 18-2


قال المؤلف رحمه الله تعالى:

شعيب هارون وموسى واليسع # ذو الكفل داود سليمان اتبع

"Syu'aib, Harun, Musa dan Ilyasa', Dzulkifli, Dawud, Sulaiman".

Penjelasan

Nama-nama Nabi yang wajib (kifayah) diketahui adalah:

14. Nabi Harun 'Alaihissalaam

Nasabnya adalah Harun ibn Imran ibn Yashhar ibn Qoohits ibn Laawiy ibn Ya'qub ibn Ishaq ibn Ibrahim.

Beliau adalah saudara kandung nabi Musa 'alayhissalam. Beliau dilahirkan 3 tahun sebelum kelahiran nabi Musa' alayhissalam.

Nabi Harun diangkat menjadi seorang nabi untuk membantu nabi Musa alayhissalam dalam berdakwah ketika akan diutus untuk berdakwah pada Fir'aun.

Allah ta'ala berfirman:

قَالَ رَبِّ إِنِّی قَتَلۡتُ مِنۡهُمۡ نَفۡسࣰا فَأَخَافُ أَن یَقۡتُلُونِ.  وَأَخِی هَـٰرُونُ هُوَ أَفۡصَحُ مِنِّی لِسَانࣰا فَأَرۡسِلۡهُ مَعِیَ رِدۡءࣰا یُصَدِّقُنِیۤۖ إِنِّیۤ أَخَافُ أَن یُكَذِّبُونِ

[Surat Al-Qashash 33 - 34]

"Nabi Musa berkata: Wahai Tuhanku aku telah (tidak sengaja) membunuh seseorang di antara mereka, aku khawatir mereka akan membunuhku, saudaraku Harun lebih fasih lisannya dari pada aku, maka utuslah dia bersamaku sebagai pembantu untuk membenarkanku, aku khawatir mereka mendustakanku".

Warning: Nabi Musa ini hanya melerai perkelahian dan tidak berniat membunuhnya (tidak sengaja). 

Tidak boleh diyakini bahwa Nabi Musa benar benar membunuh, karena semua para nabi adalah terjaga dari dosa besar.

15. Nabi Musa 'Alaihissalaam


Nasabnya adalah Musa ibn Imran ibn Yashhar ibn Qoohits ibn Laawiy ibn Ya'qub ibn Ishaq ibn Ibrahim.

Beliau adalah saudara kandung nabi Harun alayhissalam.

Nabi Musa lahir pada masa raja yang dzalim, kafir dan mengaku sebagai Tuhan, bernama al Waliid ibn Mush'ab, Fir'aun Mesir.

Salah satu kemuliaan Nabi Musa, bahwa beliau diperdengarkan kalam Allah yang azali dan abadi

Allah ta'ala berfirman:

قَالَ یَـٰمُوسَىٰۤ إِنِّی ٱصۡطَفَیۡتُكَ عَلَى ٱلنَّاسِ بِرِسَـٰلَـٰتِی وَبِكَلَـٰمِی فَخُذۡ مَاۤ ءَاتَیۡتُكَ وَكُن مِّنَ ٱلشَّـٰكِرِینَ

[Surat Al-A'raf 144]

Kisah Nabi Musa & Nabi Harun 'Alaihimassalaam

Setelah wafatnya Nabi Yusuf, Negara Mesir mulai dipimpin oleh seorang Raja Firaun jahat yang sangat kafir, dan keji. Raja Fir'aun jahat ini dikutip beberapa kali dalam Al-Qur'an sebagai contoh dari jenis manusia yang sangat jahat, yang harus kita benci, dan tidak boleh menirunya.

Keturunan Nabi Israel (Nabi Ya'qub) dan kedua belas putranya dikenal sebagai "Anak-anak Israel (Nabi Ya'qub)" atau Bani Israel, dimana "Israel" ini adalah nama lain dari Nabi Ya'qub. Jadi bukan tempat atau negara yang bernama Israel sekarang ini. Tidak sama sekali.

Raja Fir'aun yang kejam ini membenci Bani Israel di negaranya, dan memperlakukan mereka sebagai budak, menyiksa dan mempermalukan mereka. Bani Israil berbicara dalam bahasa Ibrani.

Raja Fir'aun pada suatu malam bermimpi bahwa api datang dari Yerusalem dan membakar rumah-rumah orang Mesir, tetapi menyelamatkan orang-orang dari Bani Israel. Setelah dia bangun, Fir'aun mengumpulkan para peramal dan dukun, yang mengatakan kepadanya bahwa mimpinya itu berarti bahwa pemerintahannya akan binasa di tangan seorang anak laki-laki yang lahir dari salah satu Bani Israel. Oleh karena itu, Fir'aun memutuskan untuk membunuh semua bayi laki-laki dari Bani Israil. 

Setelah berjalan beberapa waktu, Fir'aun dinasehati bahwa jika dia membunuh semua bayi laki-laki, maka mereka akan segera kehabisan budak yang kuat untuk melakukan pekerjaan melayani mereka. Oleh karena itu, Fir'aun memutuskan bahwa setiap tahun kedua semua bayi laki-laki dari anak-anak Israel akan dibunuh.

Seorang wanita dari Bani Israel melahirkan seorang anak laki-laki bernama Nabi Harun, pada tahun dimana anak-anak yang lahir tidak dibunuh, tetapi kemudian pada tahun berikutnya ia melahirkan seorang bayi laki-laki, bernama Nabi Musa dalam tahun dimana setiap bayi laki-laki yang lahir di tahun itu harus dibunuh.

Allâh mengilhami ibu Musa untuk meletakkan bayi Musa dalam keranjang dan menaruh keranjang di Sungai Nil dan menambatkannya. (ibunda Nabi Musa dan Harun adalah seorang muslim).

Allâh memberikan pengetahuan dalam hati ibu Musa bahwa dia tidak perlu khawatir (yaqin dihatinya) bahwa putra kecilnya akan kembali kepadanya dan akan menjadi utusan Allah.

Suatu hari setelah ibu Musa selesai menyusui bayinya, dia mengembalikan Musa ke dalam keranjang namun dia lupa menalikan keranjang bayinya, sehingga keranjang yang berisi Nabi Musa yang masih bayi lepas ikut mengalir bersama aliran sungai Nil.

Seorang anggota rumah tangga Fir'aun menemukan keranjang yang membawa bayi Musa kecil, dan menariknya dari sungai dan membawanya ke istana. 

Istri Firaun bernama Âsiyah, adalah wanita yang baik hati. Dia memohon kepada suaminya agar tidak membunuh bayi ini. Dia mengatakan bahwa mereka mungkin mendapat manfaat darinya. Âsiyah mengatakan bahkan mereka boleh mengadopsi dia sebagai seorang putra.

Hati ibu Musa sangat sedih dan merindukan bayinya. Allâh menguatkan hatinya dan mengilhami dia untuk memberitahu saudari Musa agar secara diam-diam mencari keranjang dan melihat apa yang terjadi padanya, sehingga hatinya dapat tenang.

Saudari Musa melihat bahwa saudara lelakinya telah dibawa ke kerajaan Fir'aun. Dia juga mendapat kabar bahwa Nabi Musa masih bayi ini tidak mau disusui oleh siapapun.

Saudari Musa memberanikan diri dan berkata, “Saya dapat membawa Anda ke seorang wanita yang dapat memberinya ASI” Orang-orang di istana setuju.

Saudari Musa membawa mereka kepada ibu Musa, tanpa memberi tahu mereka siapa wanita itu. Ketika ibu Musa membawanya, Musa menyusui dari dadanya. Oleh karena itu, keluarga Fir'aun menjadikan ibu Musa sebagai “perawat” Musa. 

Allâh mengembalikan Musa kepada ibunya (yang bernama Yuhanidh) sangat menggembirakannya dan membawanya pulang ke rumah. Orang-orang mulai memanggil Musa sebagai “Anak Fir'aun.” 

Ketika Musa mulai berusia di mana dia tidak perlu disusui dan bisa bergerak, ibu Musa membawa Musa kembali ke Âsiyah di istana. Ketika Musa bermain dengan Âsiyah, Âsiyah menyerahkannya kepada Fir'aun. Ketika Fir'aun mengambil Musa, Musa menangkap jenggot Fir'aun dan menarik sebagian rambutnya. Fir'aun sangat marah sehingga dia ingin membunuh Musa.

Âsiyah mulai menenangkan kemarahan Fir'aun dengan mengatakan, “Dia masih sangat kecil. Dia tidak mengerti apa yang dia lakukan!” 

Fir'aun tetap sangat marah. Âsiyah harus memikirkan tindakan untuk menyelamatkan Musa agar tidak dibunuh oleh Fir'aun yang jahat. Dia menyuruh para pelayan membawa kurma dan arang bakar.

Âsiyah mengatakan kepada Fir'aun, “Jika anak itu mengambil kurma, maka dia tahu apa yang dia lakukan, jadi bunuh dia. Namun bila ketika diberikan pilihan keduanya, dia memilih arang bakar yang membara, maka ini adalah bukti bahwa anak itu tidak tahu apa yang dia lakukan.”

Allâh mengilhami Musa untuk meraih arang yang terbakar dan segera memasukkannya ke dalam mulutnya. 

Arang ini membakar lidah Musa kecil. Luka bakar dari arang bara ini memberi efek ringan pada lidah Musa, tetapi tidak sampai menghambat ucapan Musa, atau membuatnya mengubah bunyi huruf yang sebenarnya ketika dia berbicara. 

Warning: Tidak ada Nabi yang tidak bisa bicara dengan benar (cadel). Tidak demikian

Arti dari Surat Taha, Ayat 27-28, adalah bahwa Nabi Musa memohon kepada Allâh untuk menyembuhkan dia dari luka kecil di lidahnya. Bukan seperti yang dikatakan beberaoa orang, bahwa Musa tidak dapat berbicara dengan benar (cadel) dan orang-orang tidak dapat memahaminya. Keyakinan ini sungguh menurunkan derajat kenabian.

Kisah Seorang Pria Mesir terbunuh

Suatu hari Nabi Musa memasuki Manf, sebuah daerah di Mesir. Saat itu tengah hari ketika matahari sangat panas. Saat itu adalah waktu tidur siang, dimana kebanyakan orang sedang tidur siang. Jalanan pun kosong. Nabi Musa melewati dua orang yang sedang berkelahi, satu dari Bani Israel dan satu lagi dari suku Qibthy, pengikut Fir'aun. Orang bani Israel itu meminta bantuan Nabi Musa. Nabi Musa datang dan meninju pengikut Fir'aun itu, namun tidak berniat untuk membunuhnya, tetapi hanya menghentikannya. Namun orang kafir itu meninggal dunia seketika.

Menurut satu riwayat, Allâh telah menganugerahkan Kenabian kepada Musa ketika peristiwa itu terjadi. Ayat 15 dan 16 dari Surat-Qasas menunjukkan bahwa Nabi Musa tidak menyukai apa yang dia lakukan, karena dia melakukan hal itu sebelum menerima perintah dari Allâh untuk memukul orang kafir Mesir tersebut. 

Musa pada hari itu dan hari berikutnya tetap menunggu, untuk melihat apakah seseorang akan datang kepadanya, karena dia membunuh orang itu (tanpa kesengajaan). 

Pada hari berikutnya, Musa melihat pria yang sama dari Bani Israel yang ditolongnya, sedang bertengkar lagi dengan pengikut Fir'aun. 

Nabi Musa berkata kepada lelaki itu, “Kamu orang yang sangat tersesat.”

Meskipun demikian, Nabi Musa melangkah maju untuk membantunya lagi. Namun, orang bani Israel ini merasa ketakutan, dia takut dan mengira bahwa Nabi Musa akan memukulnya, lalu dia berkata, 

"Apakah kamu akan memukulku seperti kamu memukul orang Mesir kemarin hingga mati?“  

Nabi Musa meninggalkan Mesir

Berita tentang pembunuhan itu sampai ke telinga Fir'aun, dia memerintahkan agar Nabi Musa dibunuh. Seorang pria datang dan memberi tahu Nabi Musa. Musa meninggalkan rumahnya di Mesir (bukan karena takut, tapi karena perintah Allah), Nabi Musa berjalan tidak melalui jalan seperti biasanya sampai dia mencapai Madyan, kota Nabi Syu^aib. 

Nabi Musa menempuh jarak yang sangat jauh. Nabi Musa tidak membawa makanan bersamanya, tetapi dia memakan apa saja yang dia temukan di jalan.

Ketika Nabi Musa sampai di Madyan, dia datang ke sumber air yang digunakan oleh orang-orang Madyan untuk menyirami hewan mereka. Dia menemukan sekelompok orang menyirami ternak mereka. Nabi Musa menemukan dua wanita di belakang orang-orang ini dengan hewan yang ingin mereka sirami, untuk membantu orang tua mereka yang lebih tua. Para wanita menunggu sisanya selesai sehingga mereka bisa menyirami ternaknya. Nabi Musa membantu kedua wanita itu dan mereka menyukai sopan santunnya.

Mereka pulang ke rumah dan memberi tahu ayah mereka tentang sikap baik Nabi Musa. Ayah mereka mengirim salah seorang dari mereka untuk mengundang Nabi Musa untuk tinggal bersama mereka.

Ketika mereka mulai pergi ke rumah wanita itu, Musa berjalan di depannya, sehingga matanya tidak jatuh ke punggung wanita itu. Wanita itu berjalan di belakang Nabi Musa dan mengarahkan dia ke mana harus pergi.

Ayah dari para wanita itu adalah Syu^aib. Menurut salah satu pendapat, dia adalah Nabi Syu^aib, dan menurut pendapat lain dia adalah Syu^aib yang lain. 

Nabi Musa menceritakan kepada ayah mereka kisahnya. Syu^aib menghiburnya dengan berkata, “Jangan takut. Engkau telah diselamatkan dari orang-orang yang tidak adil itu.” 

Syu^aib menawarkan putrinya untuk dinikahi Nabi Musa dengan syarat agar Nabi Musa bekerja untuknya selama delapan tahun. Nabi Musa memilih untuk membuatnya 10 tahun karena kemurahan hatinya.

Nabi Musa merawat binatang ternak Syu^aib selama sepuluh tahun, dan menikahi putri Syu^aib. Setiap Nabi adalah seorang gembala, termasuk Nabi Muhammad. Mereka merawat domba dalam persiapan peran mereka sebagai Nabi, belajar untuk mengatur orang dengan belas kasih dan kesabaran.

Tongkat Musa

Dikatakan bahwa Malaikat Jibril memberi Nabi Musa sebuah tongkat. Juga dikatakan bahwa Nabi Syu^aib memberi Nabi Musa tongkat ini. Tongkat ini awalnya dibawa turun dari Surga oleh Nabi Adam. Kisah tongkat ini sangat menarik.

Tongkat Nabi Musa dikutip dalam Al Qur'an di Surah Thaha, ayat 18. Dari ayat ini kita tahu bahwa Nabi Musa berkata, “Ini adalah tongkatku. Aku bersandar padanya. Aku memukul daun-daun itu untuk membuatnya jatuh (sebagai makanan) untuk domba-dombaku. Selain itu, aku menggunakannya untuk tujuan lain. ”

Tongkat ini panjangnya sekitar 15 kaki (sekitar 4,5 m).

Disebutkan, bahwa bila seekor binatang buas mencoba menyerang, maka Tongkat ini akan mengusir binatang tersebut dengan sendirinya. Tongkat ini akan mengusir kalajengking dari Nabi Musa juga. Tongkat ini biasa berjalan bersama Nabi Musa dan berbicara dengannya.

Tongkat ini memiliki bentuk seperti garpu di salah satu ujungnya di mana Nabi Musa bisa menggantung busur dan panahnya. Pada malam hari, kedua gigi garpu itu akan menyala seperti lilin. Jika Musa menginginkan air, ujung yang bercabang akan berubah menjadi ember, dan Musa dapat menurunkannya ke dalam sumur untuk mengambil air. Jika tidak ada sumur, Nabi Musa bisa menancapkan Tongkatnya ke tanah dan air akan mengalir keluar. Ketika Nabi Musa memindahkan menariknya dari tanah, air akan berhenti mengalir.

Ketika Nabi Musa menginginkan tempat teduh, dia akan menancapkan Tongkatnya ke tanah, dan ujung cabang bercabang akan memanjang. Kemudian Nabi Musa meletakkan jubahnya di garpu itu dan membuat keteduhan. Jika Nabi Musa ingin buah, dia bisa menancapkan Tongkatnya ke tanah dan buah akan tumbuh untuk dimakannya.

Nabi Musa Mendengar Kalam Allâh

Setelah menyelesaikan 10 bekerja untuk Syu^aib, Nabi Musa membawa keluarganya dan pergi keluar dari Madyan di musim dingin. Nabi Musa mengeluarkan peralatan yang biasa ia gunakan untuk menyulut api, namun peralatan itu tidak bisa memercikkan api.

Ketika Musa tidak dapat menyalakan api untuk mereka, dia melihat sekeliling dan melihat tanda-tanda api dari suatu arah. Musa pergi ke arah itu. Api ini tidak memiliki asap. Musa mendengar suara memanggil dari sebelah kanan lembah, mengatakan bahwa barangsiapa (dia) yang mengambil api ini maka diberkati (ditujukan pada Nabi Musa), dan mereka yang ada di sekitarnya diberkati (ditujukan pada para Malaikat).

Saat itu, Allâh menjadikan Nabi Musa mendengar Kalam-Nya, yang bukan huruf atau suara, dan bukan bahasa apa pun. Kalam Allâh tidak memiliki awal atau akhir. Kalam Allah tidak menyerupai ucapan kita. Kalam Allah tidak terjadi sebagai akibat dari gerakan bibir atau lidah. Kalam Allah tidak terjadi satu demi satu. Kalam Allah adalah Sifat Allâh, yang tidak serupa apapun.

Allâh menciptakan di telinga Musa kekuatan untuk mendengar kalam Allâh,  yang azali, Tidak berupa huruf, suara maupun bahasa. Dan Allah Ada Tanpa Tempat.

Allâh memerintahkan Nabi Musa untuk melemparkan tongkatnya yang biasa dibawanya. Ketika Musa melemparkannya, Tongkat itu berubah menjadi ular raksasa (QS. Surat-Qassas, Ayat 31). Ular ini memiliki ukuran sangat besar. Dikatakan bahwa mulutnya sekitar 70 kaki (sekitar 21 m) lebarnya. Ular itu mulai menelan segala sesuatu yang berada di jalannya, termasuk pohon dan batu. Nabi Musa mendengar ular mengunyah benda-benda itu setelah menelannya.

Nabi Musa memiliki ketakutan alami (manusiawi) yang akan dimiliki setiap manusia ketika dikejutkan oleh ular raksasa. Allâh menyatakan kepadanya untuk tidak takut. Allâh memerintahkan kepada Nabi Musa untuk meletakkan tangannya di mulut ular raksasa itu untuk memperkuat hatinya, dan pada saat itu ular itu kembali menjadi Tongkat.

Allâh memerintahkan Nabi Musa untuk meletakkan tangannya ke dalam pembukaan bajunya (QS. Surat-Qasas, Ayat 32). Musa memasukkannya dan mengeluarkannya. Tangannya bersinar putih seperti salju, bukan berwarna putih karena penyakit. Kemudian, Musa meletakkan tangannya kembali dan mengambilnya. Tangannya kembali warna alaminya.

Allah menyatakan kepada Nabi Musa, “Ini adalah dua mukjizat bagimu untuk menghadapi Fir'aun dan orang-orang yang bersamanya, pengikutnya.” 

Allâh memerintahkan Nabi Musa untuk berbicara dengan Fir'aun dan mengajaknya memeluk Islam. Nabi Musa memohon kepada Allâh untuk melindunginya agar mereka tidak membunuhnya. Nabu Musa berdoa kepada Allâh untuk menjadikan saudaranya Harun seorang Nabi, untuk membantunya.

Nabi Musa Kembali ke Mesir

Nabi Musa membawa keluarganya ke Mesir dan sampai di sana pada malam hari. 

Allâh telah menjadikan Harun, Kakak Musa, seorang Nabi. Dia keluar untuk menerima saudaranya, Nabi Musa. Kemudian mereka pergi ke Fir'aun. 

Mereka mengatakan kepada orang-orang di pintu gerbang, "Katakan kepada Fir'aun, kami adalah Utusan Allah, Tuhan semesta alam."

Ketika Firaun mendengar hal itu, dia memberi tahu orang-orangnya di pintu gerbang untuk membiarkan mereka masuk. 

Ketika Nabi Musa dan Harun masuk, Nabi Musa memberi tahu Firaun, "Aku adalah Utusan Allah, Tuhan semesta alam."

Ketika Firaun memandangnya, dia mengenalinya. Fir'aun berkata kepada Nabi Musa, 

"Tidakkah kamu dibesarkan bersama kami di sini, kamu tinggal bersama kami selama bertahun-tahun, lalu kamu membunuh seseorang, dan kemudian kamu melarikan diri?"

Nabi Musa mengatakan kepadanya, "Aku pergi ketika aku tahu engkau akan membunuhku, dan Allah Ta'ala memberkati aku dengan status Kenabian, dan menjadikan aku seorang Rasul."

Fir'aun meminta bukti kenabiannya. Nabi Musa melemparkan tongkatnya. Seketika berubah menjadi ular besar itu lagi. Ular ini sangat besar sehingga ketika membuka mulutnya mencapai langit-langit istana Firaun. Firaun sangat takut pada ular ini.

Nabi Musa meletakkan tangannya di pembukaan kemejanya dan mengeluarkannya, tangannya bersinar putih seperti salju, seperti yang terjadi ketika mendapat mukjizat tersebut.

Nabi Musa dan Harun menasehati Fir'aun dengan sopan dengan lembut. Namun, Firaun tidak percaya, menolak menjadi seorang Muslim. Sebaliknya, Firaun menuduhnya, berkata bahwa Nabi Musa adalah seorang penyihir yang hebat.

Mesir kemudian terkenal dengan ilmu sihir. Firaun memerintahkan agar semua penyihirnya berkumpul di sekelilingnya. Mereka dibawa dari semua daerah di Mesir.

Jumlah pastinya tidak diketahui. Beberapa Riwayat mengatakan bahwa mereka tujuh puluh; yang lain mengatakan lima belas ribu. 

Para Penyihir Beriman kepada Nabi Musa

Fir'aun menetapkan hari yang akan mereka datangi, sebagai hari untuk menantang Nabu Musa.

Fir'aun menempatkan penyihirnya di satu sisi dan orang-orang berkumpul untuk melihat ini. Penyihir Fir'aun melemparkan tali mereka. Orang-orang tertipu untuk berpikir bahwa mereka adalah ular yang bergerak. 

Pada saat bersamaan, Nabi Musa melemparkan tongkatnya dan sekali lagi Tongkat itu berubah menjadi ular raksasa yang nyata. Ular itu bergerak dan menelan semua tali para penyihir, yang telah dilemparkan.

Ketika para penyihir melihat itu, mereka mengakui dan percaya bahwa perbuatan Musa bukanlah sihir. Mereka percaya pada Tuhannya Nabi Musa dan mereka bersujud. 

Mereka berkata, “Kami percaya kepada Tuhan semesta alam, Tuhan Musa dan Harun.”

Fir'aun sangat marah dan bertanya kepada mereka, "Apakah kalian percaya kepada mereka sebelum aku memberi ijin kalian?" 

Fir'aun ingin mereka melakukan kemurtadan. Dia mengancam mereka, tetapi mereka menolak untuk melakukan kemurtadan.

Fir'aun memotong tangan kanan mereka dan kaki kiri dan menyalibnya di batang pohon palem. Fir'aun membunuh mereka ketika mereka membuat permohonan kepada Allah Ta'ala untuk memberi mereka kesabaran, dan mati sebagai Muslim (sahid). 

Para penyihir itu kafir di pagi hari, dan mereka Sahid Muslim di sore hari.

Orang-Orang Muslim Lainnya

Ada di antara orang-orang Firaun ada seorang Muslim yang menyembunyikan kepercayaannya. Pada saat itu, dia menyatakan keyakinannya di tempat terbuka. Dia juga dibunuh. Dia disalibkan bersama dengan para penyihir. Pria yang percaya ini memiliki seorang istri Muslim yang merupakan penyisir rambut sang putri Firaun. Putri ini bukan dari istri Fir'aun Âsiyah.

Ketika wanita Muslim ini sedang menyisir rambut putrinya, sisirnya jatuh. Wanita itu berkata, "BismilLaâh".

Putri Fir'aun bertanya kepadanya, "Apakah engkau memiliki Tuhan selain ayahku (fir'aun mengaku Tuhan)?!"

Wanita itu memberitahunya, "Tuhanku dan Tuhan ayahmu adalah Allâh."

Kemudian putrinya memberi tahu ayahnya, Firaun, tentang hal ini. Fir'aun memanggil wanita Muslim ini kepadanya. Fir'aun memerintahkannya untuk melakukan kemurtadan. Dia menolak. Fir'aun membawa anak-anaknya. 

Lalu Fir'aun membawa wadah besar, mengisinya dengan air, dan menyalakan api besar di bawah wadah sampai air mendidih.

Kemudian Firaun mulai melemparkan anak-anaknya satu persatu ke dalam air mendidih sambil tetap memintanya melakukan kemurtadan. Dia terus menolak. Firaun menjangkau anak bungsu wanita itu, yang mana masih seorang bayi. 

Allâh memberi kemampuan kepada bayi itu untuk bisa berbicara kepada ibunya dan berkata, 

“wahai ibu bersabarlah. Engkau berada di jalan yang benar."

Mendengar hal ini dia memberi tahu Firaun, 

“Aku punya permintaan untukmu. Aku meminta agar kamu mengumpulkan tulang-tulangku dan tulang-tulang anak-anakku, dan keluargaku dan bahwa kamu mengubur mereka semua bersama.”

Firaun berkata, “Aku penuhi permintaanmu itu.” 

Kemudian Firaun membunuhnya. Tulang-tulang itu dikubur di satu lokasi.

Beberapa masa kemudian, ketika Nabi Muhammad ﷺ saat isra' melewati lokasi itu (pada perjalanan malam al-Isra^), beliau mencium aroma yang wangi yang berasal dari kuburan itu dan bertanya pada Malaikat Jibril tentangnya. Jibril menceritakan kisah tersebut kepada Nabi Muhammad ﷺ.

Âsiyah, istri Firaun, masuk islam dan beriman kepada Nabi Musa. Ketika Fir'aun membunuh penyisir rambut putrinya, Fir'aun pergi ke istrinya, Âsiyah dan memberinya berita ini. 

Âsiyah berkata kepada Firaun, “Kamu begitu garang menentang Tuhan, dan kamu akan menghadapi siksaan yang besar.” 

Firaun mengatakan kepadanya, “Mungkin kamu telah menjadi gila berkata seperti itu?” 

Âsiyah mengatakan kepada Firaun, “Tidak, aku tidak gila. Aku percaya pada Allâh, Tuhan semesta alam.”

Pada saat itu Firaun memerintahkan prajuritnya untuk mengikat empat tiang di tanah. Dia mengikat istrinya dan menyiksanya sampai dia meninggal. 

Firaun akan mengikat orang-orang ke empat pasaknya yang terkenal dan menempatkan beban yang luar biasa pada mereka, seperti batu kilangan, sampai mereka mati.

Sebelum dia meninggal, Âsiyah berkata, “Ya Allâh, bangunkanlah untukku sebuah rumah di Syurga Firdaus dan selamatkan aku dari Firaun dan perbuatannya, dan dari orang-orang yang dzalim (orang kafir).” 

Ini disebutkan dalam ayat 11 Surat-Tahrim.

Âsiyah adalah salah satu wanita terbaik di dunia. Wanita terbaik di dunia adalah Maryam (ibu Nabi Isa), lalu Fatimah putri Nabi MuHammad, lalu Khadijah istri pertama Nabi Muhammad, lalu Âsiyah, istri Fir'aun.

Azab pada Orang-Orang Kafir

Ketika Fir'aun dan orang-orangnya menolak ajakan Musa dan Harun untuk memeluk Islam, Allâh mendatangkan mereka dengan azab. Allâh mengirimkan hujan yang terus menerus kepada mereka, yang mempengaruhi para pengikut Fir'aun, tetapi tidak mempengaruhi Bani Israel, yang percaya dan beriman (muslim) pada Musa dan Harun.

Pengikut Fir'aun meminta kepada Nabi Musa, “Wahai Musa, mintakan pada Tuhanmu untuk membebaskan kami dari hujan ini dan kami akan beriman kepadamu.”

Nabi Musa memohon kepada Allâh. Allâh menghentikan hujan itu. 

Ketika hujan berhenti turun, tanaman mereka ternyata tumbuh begitu bagus sehingga mereka berkata, "Oh, ternyata hujan ini adalah hal yang baik bagi kami" dan mereka tidak beriman pada Musa sebagaimana mereka berjanji bahwa mereka akan melakukannya. 

“Kami sekarang senang bahwa hujan telah datang. Tanaman kami sekarang begitu subur!” 

Itulah yang mereka katakan kepada Musa dan Harun atas kekeras-kepalaan mereka.

Kemudian Allâh mengirim mereka dengan belalang, yang memakan tumbuh-tumbuhan yang mereka banggakan. Mereka tidak bisa mencegah sejumlah besar belalang yang memakan tanaman mereka.

Mereka mendatangi Nabi Musa lagi dan berkata kepadanya, “berdoalah pada Tuhanmu untuk membebaskan kami dari belalang ini dan kami akan beriman kepadamu.” 

Nabi Musa pun berdoa dan Allâh menyelamatkan mereka dari belalang. Namun, ketika mereka dibebaskan dari belalang, sekali lagi mereka tidak beriman seperti yang mereka janjikan.

Kemudian Allâh mencelakakan mereka dengan serangga kecil yang berbahaya, yang sangat mengganggu mereka, menempel pada kulit mereka dan menyebabkan iritasi pada kulit mereka. Mereka melakukan hal yang sama karena penderitaan itu, meminta bantuan Musa, lalu tidak beriman setelah menerima pertolongan.

Kemudian mereka ditimpakan lagi hukuman berupa serangan katak, yang bahkan melompat ke mulut mereka. Mereka menemukan katak di mana-mana, bahkan di saku mereka, yang membuat mereka sangat tertekan. Serangkaian kejadian yang sama terjadi, tetapi mereka tetap tidak beriman kepada ajaran Islam yang dibawa Nabi Musa.

Kemudian Allâh menimpa mereka dengan darah. Mereka mengisi wadah mereka dengan air, dan ketika mereka mengisi wadah, cairan itu berubah menjadi darah. Sekali lagi mereka meminta Musa untuk memohon kepada Allâh agar mereka dibebaskan dari kesengsaraan itu. Mereka berjanji bahwa jika mereka merasa lega, mereka akan beriman. Namun kemudian, ketika mereka lega, mereka melanggar janji mereka dan tidak beriman.

Nabi Musa Membawa Bani Israil keluar dari Mesir

Jangka waktu yang lama berlalu dan para pengikut Firaun tetap tidak beriman pada Musa, Allâh memberi petunjuk kepada Musa untuk membawa Bani Israel keluar dari Mesir ke tanah yang diberkati, dekat Yerusalem (palestina).

Nabi Musa memerintahkan semua Bani Israil untuk meninggalkan Mesir bersamanya dan Nabi Harun. Mereka sekitar 600.000 orang. Ketika Fir'aun mengetahui rencana ini, dia mengumpulkan pasukan besar dan mengikuti mereka. Tentara Firaun sekitar 1.600.000 tentara.

Ketika rombongan Bani Israil tiba di Laut Merah, Nabi Musa memukul laut dengan Tongkatnya, dan lautan terbagi menjadi 12 jalur dan air laut berdiri kokoh seperti gunung, yang Allâh buat kering untuk Bani Israel untuk berjalan. Ada dua belas Suku Bani Israel, dan ada jalan bagi masing-masing Suku. Allâh membuat jendela di dinding-dinding air di antara jalan-jalan tersebut sehingga suku-suku tidak akan merasa kesepian ketika mereka berjalan di jalanan yang sangat luar biasa itu.

Fir'aun tiba di tepi laut. Firaun ketakutan melihat laut membelah menjadi dua belas jalan. Dia takut untuk mengejar Musa, Harun, dan Bani Israel lainnya dalam jalur itu.

Fir'aun sedang menunggangi seekor kuda jantan. Malaikat Jibril datang mengendarai kuda betina, dan masuk ke salah satu jalur yang terbentuk di laut. Kuda Fir'aun mencium aroma kuda betina Jibril. Pada saat itu kuda Firaun bergegas masuk ke jalur mengikuti kuda Jibril itu, membawa Fir'aun ke salah satu jalur bersamanya.

Para prajurit Firaun bergegas mengikuti ke jalur di laut juga. Ketika Bani Israel yang terakhir tiba di tepi laut, Fir'aun dan tentaranya sampai di tengah dan belum mencapai salah satu dari mereka. Segera setelah orang-orang Muslim yang terakhir berada di daratan, Allâh membuat lautan menutup kembali dan Fir'aun serta semua 1.600.000 tentaranya mati tenggelam.

Nabi Musa dan Harun sangat Sabar terhadap Orang-Orang Tersesat

Nabi Musa mengajak Bani Israel (saat itu masih muslim) dan memimpin mereka untuk pergi ke daerah dekat dengan tanah Yerusalem. Itu adalah tempat yang disebut Ariha (Jericho). 

Di Ariha ada seorang penguasa yang dzalim dan kejam. Allâh memerintahkan Nabi Musa dan Bani Israel untuk melawan penguasa yang tidak adil tersebut. Namun ketika mereka sampai di sana bersama Nabi Musa, kebanyakan dari mereka duduk kembali tidak mau maju ke pertempuran. Mereka berkata, “Kami tidak akan memasuki negeri itu dan berperang dengan para tiran yang kejam. Wahai Musa, pergilah dengan Tuhanmu dan lawanlah. Kami akan duduk tinggal di sini."

Allâh kemudian membuat orang-orang Bani Israel itu menjadi tersesat selama 40 tahun, padahal mereka telah begitu dekat dengan Yerusalem. Ini adalah hasil dari ketidaktaatan mereka. Daerah yang membuat mereka tersesat itu disebut At-Tih. 

Nabi Musa dan Nabi Harun tetap tinggal bersama mereka di At-Tih, tetapi tidak menghukum mereka. Sebaliknya kehadiran Nabi Musa dan Nabi Harun adalah untuk melaksanakan perintah Allâh.

At-Tih adalah tanah tandus tanpa tanaman, tanpa air atau tanpa tempat teduh. 

Bani Israel mengeluh kepada Nabi Musa tentang panasnya matahari. Nabi Musa membuat permohonan kepada Allah Ta'ala dan diberi mukjizat yang luar biasa. Awan datang yang memberikan keteduhan bagi mereka. Pada siang hari, awan ini menghalangi panasnya matahari, namun pada malam hari awan tidak menghalangi bulan, sehingga mereka bisa menggunakan cahaya bulan. Namun, jika malam gelap dan bulan tidak bersinar, sebatang cahaya turun di antara Bani Israel untuk menerangi jalan bagi mereka.

Mereka terus membuat permintaan dengan mengatakan, “Apa yang harus kita kenakan? Kami takut pakaian kami akan robek dan kami tidak akan menemukan pakaian lain untuk dikenakan.” 

Nabi Musa menjawab, “Pakaian kalian tidak akan robek, busuk, atau menjadi kotor selama 40 tahun.” 

Kemudian mereka muncul dengan pertanyaan lain, “Jika bayi baru lahir apa yang akan dia pakai?” 

Musa menjawab, “Pakaian kecil akan ikut tumbuh/membesar ketika anak-anak tumbuh besar.” 

Mereka bertanya, “Apa yang harus kita kenakan di kaki kita, jika sepatu kita hancur?” 

Musa dengan sabar menjawab , "Sepatu kalian tidak akan hancur selama 40 tahun."

Diriwayatkan, Nabi Musa mempunyai sebuah batu yang selalu dibawanya. Batu ini turun bersama Nabi Adam ketika ia turun dari Surga, dan itu diturunkan dari generasi ke generasi hingga mencapai Nabi Syu^aib. Nabi Syu^aib memberikan batu ini kepada Nabi Musa ketika dia memberinya Tongkat yang terkenal itu.

Setiap kali Bani Israel membutuhkan air, Nabi Musa meletakkan batu itu di tanah dan memukulnya 12 kali dengan tongkatnya. Setiap tempat di mana batu itu dipukul, air akan keluar dengan deras, sama banyaknya dengan aliran sungai.

Seperti kebiasaan mereka, mereka mengatakan, “Jika Nabi Musa kehilangan Tongkatnya, kita akan mati kehausan.” 

Allâh lalu mengungkapkan kepada Nabi Musa bahwa dia tidak boleh memukul batu itu, dan sebagai gantinya dia harus berbicara kepada batu tersebut. Sejak saat itu Nabi Musa berbicara kepada batu itu, memerintahkannya untuk memberi air. Batu itu akan patuh dan melepaskan air.

Beberapa orang yang tidak tahu berterima kasih di antara mereka berkata, “Oh Musa, kami tidak akan bersabar dengan satu jenis makanan (al-mann). Mintalah kepada Tuhanmu untuk membawakan kami hasil panen dari: biji-bijian, bawang merah, dan kacang.“ 

Mereka meninggalkan apa yang baik bagi mereka untuk sesuatu yang kurang (yaitu tidak mau memasuki Yerusalem). Nabi Musa menyuruh mereka pergi ke suatu negeri (Yerusalem) di mana mereka akan menemukan apa yang mereka inginkan di negara itu. 

Setelah empat puluh tahun berlalu dan tersesat, Bani Israel yang menolak untuk melawan para tiran tetap berada di at-Tih. 

Mereka yang berusia lebih dari 20 tahun mati kecuali Joshua (Yusha^, putra Nun) dan Kalib putra Yufna, dan anak-anak muda dari Bani Israel tetap bersama mereka. Mereka mematuhi perintah Allâh. 

Ketika mereka mencapai wilayah Syam, mereka melawan para penguasa yang tidak adil itu dan memasuki wilayah Yerusalem. 

Tak satu pun dari orang-orang yang dulu mengatakan, "Kami tidak akan masuk daerah itu" ikut memasuki Yerusalem.

Kisah Menarik Nabi Musa Bertemu dengan Nabi Al-Khadir

Ibn Abbas berkata, “Aku mendengar Ubay bin Babil mengatakan, 'Aku mendengar Rasulullâh berkata: Nabi Musa sedang berdiri untuk menyampaikan Nasehat kepada Bani Israel. Beberapa dari mereka bertanya kepada Musa, “Siapa yang paling berpengetahuan di antara orang-orang?” 

Nabi Musa menjawab, “Aku.” Inilah yang diketahui oleh Musa. 

Kemudian Allâh menyatakan kepada Nabi Musa bahwa akan lebih baik baginya untuk menjawab, "Allâh tahu yang terbaik." 

Allâh mengungkapkan kepada Nabi Musa bahwa Allâh memiliki seorang Hamba yang berada di suatu tempat di mana dua sungai bertemu, yang lebih berpengetahuan dari Nabi Musa dalam hal-hal tertentu. Musa sangat rindu untuk bertemu orang ini. 

Musa berkata, “Ya Allâh, bagaimana aku akan bertemu orang ini?” 

Allâh mengungkapkan kepada Nabi Musa, “Ambil ikan laut bersamamu dalam sebuah wadah. Di mana pun kamu akan kehilangan ikan ini, kamu akan menemukan Al-Khadir."

Musa berangkat bersama Yusha^, putra Nun, orang yang sama yang kemudian diangkat Allâh menjadi Nabi. 

Mereka membawa sebuah wadah dengan ikan laut. Mereka mencapai sebuah batu, dan Nabi Musa tidur. Ikan-ikan itu berguncang di dalam wadahnya. Ikan itu akhirnya berguncang kuat sehingga keluar dari wadah dan pergi ke sungai, meski itu ikan laut.

Keesokan harinya mereka melanjutkan perjalanan. Kemudian mereka melanjutkan lagi di malam hari. Yusha^ lupa memberi tahu Nabi Musa tentang apa yang terjadi pada ikan itu. 

Ketika pagi berikutnya tiba, Nabi Musa berkata kepada Yusha^ muda ini, “Kita lelah karena perjalanan ini. Marilah kita makan.” 

Nabi Musa sebenarnya belum lelah saat dia melewati tempat di mana ikan itu melarikan diri. 

Yusha^ memberi tahu Nabi Musa,“ Kamu ingat batu karang tempat kita berhenti dan tidur? Ikan laut itu melompat keluar dari wadahnya di sana dan berenang pergi.” 

Nabi Musa berkata, “Tujuan perjalanan kita sebenarnya adalah hanya sampai ke lokasi itu. Mari kita kembali."

Mereka kembali mengikuti jejak dan langkah kaki mereka sendiri, sampai mereka mencapai batu karang dimana Musa tidur. Mereka melihat seorang pria di batu karang tersebut. Pria ini ditutupi dengan kain. Nabi Musa memberi salam kepadanya. Dia adalah Al-Khadir. 

Al-Khadir berkata kepada Nabi Musa, "Apakah engkau Musa, Nabi dikirim kepada Bani Israel?" 

Musa berkata, "Ya." 

Al-Khadir berkata kepada Musa, "Allah Ta'ala memberimu pengetahuan yang aku tidak tahu, dan Allah memberi aku pengetahuan yang engkau tidak ketahui.” 

Nabi Musa mengatakan kepada Al-Khadir, “Haruskah aku bersamamu, sehingga engkau mengajari aku apa yang aku tidak tahu?” 

Al-Khadir berkata, “Engkau tidak akan bersabar bersamaku. Bagaimana engkau akan bersabar dengan masalah yang tidak engkau ketahui?”

Nabi Musa berkata, “In Syâ’al-Lâhh, engkau akan melihat aku sebagai manusia yang sabar. Aku akan mematuhi apa pun yang engkau pesankan.”

Al-Khadir berkata, "Engkau dapat menemaniku dengan syarat bahwa engkau tidak akan bertanya kepadaku tentang apa pun, sampai aku memutuskan untuk memberi tahumu tentang hal itu." 

Nabi Musa berkata, "baiklah."

Kemudian Nabi Musa dan Al-Khadir berjalan di sepanjang pantai. Sebuah kapal datang. Al-Khadir dan Nabi Musa meminta orang-orang dari kapal untuk membawa mereka ke aras kapal. Orang-orang dari kapal itu mengenal al-Khadir. Mereka membawa mereka naik kapal tanpa biaya. 

Sementara Nabi Musa dan Al-Khadir berada di kapal, seekor burung di tepi kapal menaruh paruhnya sekali di dalam air. 

Al-Khadir berkata kepada Musa, “Pengetahuanmu dan pengetahuanku bila dibandingkan dengan hal-hal yang Allâh tahu, sangatlah sedikit. Lebih sedikit dari setetes air yang ditarik oleh burung ini, dibandingkan dengan seluruh lautan.” 

Imam Muslim meriwayatkan hal ini dalam Sahih-nya.

Ketika berada di kapal, Al-Khadir meraih salah satu papan kayu dari dinding kapal dan menariknya, sehingga kapal itu berlubang. Orang-orang di kapal tidak melihat apa yang dilakukan Al-Khadir. 

Nabi Musa tercengang oleh apa yang dilakukan Al-Khadir dan berkata, "Mengapa engkau melakukan hal ini terhadap orang-orang yang menolong kita, yang mengangkut kita ke atas kapalnya tanpa biaya, sehingga kapal ini akan tenggelam bersama orang-orangnya?"

Nabi Musa bertanya kepada Al-Khadir karena keheranan, karena ini sangat tidak biasa dan tidak seperti yang diharapkan dari orang yang Shaleh. 

Al-Khadir mengatakan kepada Nabi Musa, “Bukankah aku memberi tahumu bahwa engkau tidak akan bersabar denganku?” 

Nabi Musa berkata, “Jangan salahkan aku tentang apa yang aku lupa. Aku sangat lelah dari perjalananku.”

Kemudian keduanya turun dari kapal dan sedang berjalan. Nabi Musa dan Al-Khadir menemui seorang anak lelaki, bermain dengan anak-anak lelaki lain. 

Al-Khadir meraih bocah itu, menarik kepala bocah itu dengan tangannya, lalu membunuh bocah itu.

(dari sinilah terdapat khilafiah, bahwa sebagian ulama mengatakan Al Khadir ini tidak Nabi, dan sebagian ulama lainnya masih menganggap Al Khadir adalah Nabi)

Nabi Musa dengan heran berkata kepada Al-Khadir, “Bagaimana engkau membunuh sebuah jiwa, dan pembunuhan ini bukanlah hukuman yang ditentukan untuk membunuh orang lain?” 

Al-Khadir berkata, “Bukankah aku memberi tahumu bahwa engkau tidak akan bersabar denganku?” 

Nabi Musa berkata, “Jika aku bertanya kepadamu lagi setelah kejadian ini, tanpa engkau mememulai untuk memberi tahu aku alasannya tentang hal itu, maka aku tidak akan lagi menemanimu.”

Kemudian mereka mencapai sebuah kota. Orang-orang di kota itu tidak memperlakukan mereka dengan ramah sebagai tamu. Mereka tidak menawarkan makanan kepada mereka, padahal mereka sangat kelaparan dan tidak memiliki uang. 

Al-Khadir melihat sebuah dinding yang akan runtuh. Al-Khadir bekerja dan membuat temboknya tegak kembali. 

Nabi Musa berkata kepada Al-Khadir, “Kita datang kepada orang-orang yang tidak mau memberikan makanan kepada kita. Jika engkau meminta bayaran atas pekerjaanmu, kita bisa menggunakan uang itu untuk membeli makanan.“

Al-Khadir berkata, “Sekarang kita harus berpisah. Aku akan memberitahumu tentang kebenaran dari hal-hal yang engkau tidak sabar, tidak menunggu sampai aku memberitahumu tentang hal itu. Mengenai kapal, kapal itu milik beberapa orang miskin di laut. Aku ingin membuat kecacatan di dalamnya karena ada raja yang tidak adil yang mengambil kapal-kapal yang bagus dari pemiliknya. Bila raja melihat kapal itu dia akan melihat bahwa ada cacat pada kapal itu maka dia tidak akan mengambilnya. Sementara orang-orang nanti dapat memperbaiki cacat kapal dengan kayu.

Mengenai bocah yang aku bunuh, jika dia tetap hidup menjadi remaja dia akan hidup menjadi orang yang kafir. Orang tuanya memperlakukan bocah itu dengan murah hati dan penuh kasih sayang. Seandainya dia dewasa dia akan menjadi kejam pada mereka, dan akan menghabisi mereka karena kekejamannya. Aku ingin Allâh mengganti anak itu dengan seorang anak yang berbelas kasihan kepada mereka.

Mengenai dinding yang aku perbaiki, dinding itu milik dua anak laki-laki yatim piatu. Di bawah tembok itu ada sesuatu yang ayah mereka sembunyikan untuk mereka. Ayah mereka adalah pria yang shaleh. Aku ingin mempertahankan tembok itu agar tidak jatuh, dan menjaga agar benda-benda itu tetap tersembunyi, sampai anak-anak itu dewasa dan mampu mengambil benda itu. Semua yang aku lakukan, tidak aku lakukan dengan kemauanku sendiri. Sebaliknya, aku diperintahkan untuk melakukan semuanya oleh Allah Ta'ala. Ini adalah arti dari masalah yang engkau tidak akan sabar.”

Nabi Musa Pergi ke Gunung Sinai dan beberapa Pengikutnya Murtad dan Menyembah Anak Sapi

Ketika Allâh menyelamatkan Bani Israel dari semua kejahatan Fir'aun, Allâh memerintahkan Nabi Musa untuk berpuasa selama tiga puluh hari. Ini puasa seperti puasa bulan ramadhan, menjauhkan diri dari makanan dan minuman dan hal-hal lain, dari fajar sampai matahari terbenam. 

Kemudian Allâh menambahkan sepuluh hari lagi agar Musa berpuasa. Allâh menyatakan kepada Musa bahwa setelah empat puluh hari itu, Allâh akan mengirimkan kepadanya Kitab Taurah.

Semua Kitab Suci yang diberikan kepada para Nabi dari Allâh, diberikan dalam sekaligus kepada mereka dalam sekali waktu dalam kehidupan mereka, kecuali untuk Al-Qur'an yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad dalam bagian-bagian, selama periode 23 tahun.

Nabi Musa mentaati perintah Allâh dan berpuasa selama 40 hari. Kemudian dia pergi ke Gunung Tur (Sinai). Nabi Musa meninggalkan Kakaknya Nabi Harun untuk bertanggung jawab atas para pengikut mereka. Ada seorang pria di antara para pengikut bernama Musa as-Samiriyy, memiliki nama depan yang sama dengan Nabi Musa.

Pria ini yang menyebabkan banyak Bani Israel murtad, karena ia sendiri murtad. Ketika Musa as-Samiriyy masih muda, orang tuanya kehilangan dia, dan dia tanpa keluarga. 

Malaikat Jibril membawakannya makanan agar dia tidak binasa. Musa as-Samiriyy ini dibesarkan oleh seorang kafir. Ketika Nabi Musa pergi dari pengikutnya, Musa as-Samiriyy mengatakan kepada para pengikut suatu kemurtadan yang mengerikan, dan berkata: “Musa pergi untuk menjemput Tuhannya sementara Tuhannya ada di sini.”

Musa as-Samiriyy telah membuat sosok anak sapi muda dari emas, dan telah mencampur ke dalam emas dari sosok ini beberapa debu dari jejak kuda Malaikat Jibril. Sosok ini membuat suara sapi dari seperti suara sungguhan. Musa as-Samiriyy mengatakan kepada para pengikutnya suatu kalimat kufur, “Ini adalah Tuhanmu dan Tuhan Nabi Musa. Nabi Musa pergi mencari Tuhannya, tetapi Tuhannya ada di sini. ”

Tentu saja, Nabi Musa tidak pergi untuk mencari tempat di mana Tuhan berdiam, tidak sama sekali, karena Allâh bukan benda dan Allah ada tanpa berada di suatu tempat.

Ini adalah ujian bagi orang-orang yang beriman kepada Allâh. Allâh menciptakan suara sapi yang tidak biasanya berasal dari patung sapi tersebut. Allâh tahu dengan kekekalan-Nya apa yang akan dilakukan orang-orang ini. Jadi, tentu saja ujian dari Allâh bukan untuk Allâh “mencari tahu apa yang akan dilakukan orang-orang.” tidak demikian.

Nabi Harun tahu tentang kekufuran Musa as-Samiriyy, dan Nabi Harun menegurnya dan memperingatkan orang-orang tentang dia dan kejahatannya. Nabi Harun melarang mereka menyembah anak Sapi (lembu) emas, yang jelas merupakan kemusyrikan. Namun, banyak dari mereka yang menerima kata-kata Musa as-Samiriyy, dan mereka keluar dari Agama Islam. Dan menjadi penyembah berhala. Beberapa pengikut tetap sebagai Muslim, berpegang pada Nabi Harun dan mematuhinya.

Setelah Nabi Musa pergi jauh dari orang-orang, pada puncak dalam kesendiriannya, Nabi Musa berdoa kepada Allâh untuk bisa melihatNya. Allâh menyatakan bahwa Musa tidak akan melihat-Nya dalam kehidupan ini. 

Allâh memberi tahu Musa, “Melainkan lihat-lah ke gunung dan jika gunung tetap utuh, maka engkau akan melihat Aku.” 

Allâh menciptakan di gunung itu memiliki kemampuan untuk melihat-Nya. Ketika gunung itu melihat Allâh, gunung itu runtuh dan hancur. Ketika Musa menyaksikan peristiwa itu, Nabi Musa pingsan. Kemudian Allâh membuat Nabi Musa bangkit dari pingsannya, dan Nabi Musa memuji Allah Ta'ala.

Nabi Musa berdoa ingin melihat Allah karena belum diungkapkan kepadanya bahwa manusia tidak akan bisa melihat Allah dengan mata jasad dalam kehidupan sekarang ini. Manusia yang mati sebagai Muslim, akan diberikan kehormatan besar dan kebahagiaan untuk bisa melihat Allâh ketika mereka tinggal di Surga. Mereka akan melihat dengan mata baru mereka, tubuh baru mereka yang lebih baik di Surga. Mereka akan melihat Allah Ta'ala Yang Tidak Memiiki Arah, Tidak bertempat dan tidak seperti bila melihat suatu ciptaan.

Setelah Nabi Musa melihat gunung itu hancur, Allâh menurunkan Kitab Taurat sampai ke tangan Nabi Musa. Ketika Nabi Musa kembali ke umat-Nya dengan Kitab Taurat, dia heran melihat orang-orang menyembah anak lembu emas itu. Musa sangat marah.

Musa melepaskan Taurah di tangannya, dengan cara yang tidak meremehkan Kitab Taurah. Nabi Musa meraih kepala dan jenggot saudaranya Nabi Harun, menunjukkan kemarahan yang amat sangat tentang situasi ini, bukan karena tidak menghormati Nabi Harun. Nabi Musa juga tidak meraih kepala dan jenggot saudara laki-lakinya yang menyiratkan bahwa Nabi Musa percaya bahwa Nabi Harun telah membiarkan penyembahan ini terjadi.

Nabi Harun menjelaskan kepada Nabi Musa serangkaian peristiwa, alasannya mengapa dia tinggal dengan para Murtad ini, dan tidak membunuh mereka. 

Nabi Harun menjelaskan bahwa dia takut Nabi Musa akan berkata kepadanya, “Engkau menangani situasi itu tanpa ku dan tidak menungguku kembali terlebih dahulu.” 

Nabi Harun merasakan ini karena Nabi Musa adalah sebagai pemimpin Bani Israel.

Nabi Musa pergi ke Musa as-Samariyy dan mempermalukannya. Nabi Musa pergi ke anak lembu emas dan membakarnya. Kemudian Musa membuang abunya. Nabi Musa mengatakan kepada para kaum kafir bahwa mereka telah melakukan kedzaliman pada diri mereka sendiri dengan murtad dari Islam untuk menyembah anak lembu emas itu.

Nabi Musa memberi tahu mereka untuk bertobat kepada Allâh, dengan menjadi Muslim kembali. Allâh memerintahkan kepada Musa, setelah orang-orang kembali menjadi Muslim lagi, mereka kemudian dibunuh. Mereka harus dibunuh oleh orang-orang dari Bani Israel yang tetap Muslim, dan tidak pernah menyembah anak lembu emas. Ini adalah cara untuk bertobat, bagi mereka yang menyembah anak sapi.

Tujuh puluh ribu dari mereka terbunuh. Setelah pembunuhan pertaubatan itu, Nabi Musa dan 70 dari Bani Israel yang taat berdoa kepada Allâh. 

Nabi Musa berkata, “Apa yang terjadi adalah dari Tuhanmu. Dengan itu Engkau Memandu siapa pun yang Engkau Kehendaki dan dengan itu pula Engkau menyesatkan siapa pun yang Engkau Kehendaki.” 

Yang lain berdoa kepada Allâh, “Kami bertobat dan kembali kepada-Mu, Yaa Allah.” 

Nama “Yahud” adalah nama yang diberikan kepada para pengikut Musa, yang berarti: 'Orang-orang yang bertobat'.

Kemudian, Allâh mengungkapkan kepada Musa agar pembunuhan itu dihentikan. Oleh karena itu, sekelompok orang yang telah murtad dengan menyembah anak sapi, dan kemudian kembali ke Islam, terselamatkan.

Ketika Bani Israil melihat apa yang ada dalam Kitab Taurah, dari semua yang wajib mereka lakukan, kebanyakan dari mereka duduk malas dan tidak ingin melakukan kewajiban dari Allâh. Saat itu Allâh memerintahkan Malaikat Jibril untuk menarik keluar gunung dari Palestina. Ukuran gunung itu adalah ukuran yang sama dengan wilayah yang dicakup oleh orang-orang Bani Israel di Bumi. Allâh memerintahkan Jibril untuk menangguhkan gunung di atas kepala mereka. 

Nabi Musa memberi tahu mereka, “Kalian menerima perintah Allâh yang tercantum dalam kitab Taurat ini, atau Allâh akan menghancurkan kalian dengan gunung ini.” 

Ketika mereka berada dalam situasi itu, mereka menerima untuk mengikuti Kitab Taurah.

Kisah Sapi Betina

Ada banyak cerita tentang perbuatan buruk kaum bani israil dari beberapa pengikut Nabi Musa. Salah satunya sebagai berikut:

Salah satu dari Bani Israel membunuh pamannya secara diam-diam. Pembunuh ini adalah satu-satunya pewaris paman ini. Jadi, si pembunuh berharap mendapatkan semua warisan pamannya yang mati. Pembunuh ini melemparkan jasad pamannya yang sudah mati di sebelah rumah orang lain. Pembunuh itu pura-pura terkejut dan sedih karena kematian pamannya. Dia menuntut uang, darah dan balas dendam pada orang-orang yang membuang mayat pamannya di tempat itu. 

Ketika Nabi Musa menyelidiki masalah ini, dia bertanya kepada orang-orang yang dituduh melakukan pembunuhan. Mereka menyangkal bahwa mereka tidak membunuh lelaki itu.

Bani Israil mulai membicarakan luas tentang kejadian ini dan Nabi Musa ingin tahu siapa pembunuh yang sebenarnya. Nabi Musa kemudian memerintahkan orang-orang untuk menyembelih seekor sapi.

Namun, orang-orang tidak memiliki kesediaan untuk segera mematuhi permintaan Nabi Musa. Mereka mulai menunda melakukan apa yang diminta untuk mereka lakukan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada Nabi Musa tentang perintah ini. 

Jika mereka tidak mengajukan pertanyaan untuk menunda, mereka bisa saja menyembelih sapi mana pun, memenuhi perintah Nabi Musa. Karena mereka mengajukan pertanyaan karena keinginan untuk menunda memenuhi perintah ini, Allâh membuat spesifikasi tentang sapi tersebut, yang sulit bagi mereka untuk menemukannya.

Ketika mereka ingin tahu lebih banyak tentang sapi ini untuk disembelih, Nabi Musa memberi tahu mereka, “Ini adalah sapi yang tidak tua atau muda, tidak besar dan tidak kecil.“ 

Kemudian mereka bertanya kepada Nabi Musa, “Sekarang kita tahu tentang usia, jadi sekarang beritahu kami tentang warna sapi ini”. 

Nabi Musa memberi tahu mereka bahwa itu adalah sapi kuning cerah, yang akan membawa suka-cita bagi orang yang melihatnya. Kemudian, mereka ingin lebih banyak penjelasan tentang sapi ini. 

Nabi Musa berkata, “Ini adalah sapi yang ketika berjalan, tidak merusak tanah bila berjalan di atasnya, dan tidak punya cacat pada tubuhnnya.”

Akhirnya, setelah habis permintaan mereka, mereka mulai mencari sapi seperti itu. Setelah mencari, mereka menemukannya dengan seorang pria di antara mereka. Mereka membeli sapi itu darinya dengan harga tinggi. Orang yang memiliki sapi itu sangat baik kepada ibunya. Allâh memberkati dia dengan uang ini.

Mereka membawa sapi itu kepada Nabi Musa dan menyembelihnya. Nabi Musa kemudian mengambil sepotong sapi yang mati itu dan memukul pria yang terbunuh itu dengan potongan itu. Pada saat itu, Allâh menghidupkan kembali pria yang terbunuh itu. Pria yang dihidupkan kembali itu memberitahukan nama orang yang benar-benar telah membunuhnya. Lalu dia mati kembali.

Ini bukan satu-satunya kasus ketika Allah membuat orang mati hidup kembali, berbicara, dan kemudian mati lagi. Banyak kejadian yang terjadi yang sudah diketahui. Ini diriwayatkan oleh beberapa Shahabah Nabi Muhammad, Sallallâhu ^alayhi wa Sallam.

Qarun, Sepupu yang Jahat

Nabi Musa memiliki banyak kesulitan yang dijalani dengan sabar. Satu riwayat dikatakan, yang menunjukkan ketabahan Nabi Musa, adalah kisah tentang cobaan yang ditimpakan oleh sepupu Nabi Musa kepadanya. Nabi Musa memiliki sepupu bernama Qarun. Allâh memberi begitu banyak kekayaan kepada Qarun sehingga orang-orang perkasa tidak dapat membawa kunci gudang kekayaannya.

Qarun pamer dan tidak bersyukur kepada Allah. Dia mengenakan pakaian mewah dan berjalan dengan susah payah. Dia tinggal di istana dengan banyak budak dan pelayan.

Qarun sangat sombong terhadap orang-orang. Ketika orang-orang menasihatinya untuk membuang keangkuhannya, dia menolak. Qarun percaya bahwa Allah mencintainya karena itulah alasan dia memiliki semua uangnya. Dia melihat bahwa dia tidak perlu untuk mengubah cara hidupnya.

Allâh menyatakan kepada Nabi Musa bahwa dia dan orang-orangnya mempunyai kewajiban untuk membayar sejumlah nilai tertentu atas kekayaan mereka kepada orang-orang yang pantas menerimanya (Zakat). Nabi Musa menyuruh Qarun membayar satu dinar untuk setiap seribu dinar dan satu dirham untuk setiap seribu dirham.

Ketika Qarun menghitung jumlah yang harus dia bayarkan, dia melihat jumlah itu sangat besar. Qarun kewalahan dengan kekikiran dan membuat kemurtadan. Dia berhenti menjadi Muslim.

Qarun mengumpulkan beberapa pendukungnya dan berkata, “Musa memerintahkan kalian dengan begitu banyak aturan dan kalian mematuhinya. Sekarang Musa ingin mengambil uang kalian.” 

Para pengikut Qarun berkata, “Perintahkan kepada kami Qarun, apa pun yang engkau inginkan.”

Qarun berkata, “Bawalah seorang wanita pelacur dan bayar dia untuk berbohong dan katakan bahwa Musa ingin berzina dengannya.” 

Para pengikut Qarun pergi dan memberi seorang wanita pelacur banyak emas untuk melakukan hal ini.

Pada hari pesta, Qarun mendatangi Nabi Musa dengan berpura-pura menjadi pengasih dan berkata, "Orang-orangmu telah berkumpul sehingga engkau akan memerintahkan mereka untuk melakukan yang halal dan menjauhkan diri dari yang melanggar hukum."

Nabi Musa memberitahu orang-orang, “Dia yang mencuri akan mendapatkan hukuman, maka tangannya akan dipotong. Dan Orang yang belum menikah yang melakukan perzinahan akan dicambuk. Sedangkan yang telah menikah melakukan perzinahan akan dirajam sampai mati.”

Lalu Qarun, dalam kejahatannya, berseru, “Bahkan bila itu kamu sendiri yang melakukannya, Musa?” 

Musa menjawab, “Allâh akan menolong aku darimu. Aku bahkan tidak mendekati dosa.” 

Qarun kemudian berkata, “Bani Israel berbohong. Mereka mengatakan bahwa kamu melakukan perzinahan dengan wanita pelacur itu.”

Musa berkata, "Panggil dia." 

Mereka memanggilnya dan dia datang. 

Nabi Musa kemudian mengucapkan sumpah dengan nama Allâh yang membelah laut dan Yang mengungkapkan Kitab Taurah, dan meminta wanita pelacur dengan sumpah itu untuk mengatakan kebenaran. (Ini disebut sumpah lian pada zaman Nabi Musa).

Allâh berbelas kasihan dengan dia, dan dia bertobat dari dosa-dosanya. 

Dia memberi tahu orang-orang, “Nabi Musa tidak bersalah atas tuduhan-tuduhan ini. Qarun membayar aku untuk mengatakan bahwa Nabi Musa melakukan perzinahan denganku.”

Nabi Musa bersujud kepada Allâh dan meminta Allâh untuk memberinya kemenangan atas para penindasnya. 

Nabi Musa menerima Wahyu dari Allâh bahwa Bumi akan mematuhinya dalam apa pun yang diperintahkan kepadanya.

Pada hari berikutnya, Qarun pergi dalam lagak arogannya seperti biasa. Dia memiliki ribuan pelayan dan pembantu. Dia mengenakan pakaian yang dihiasi dengan emas dan permata. Di depan, Qarun menunggang seekor keledai betina berkulit hitam dan putih, dengan kuda-kuda betina yang lain di atas punggungnya.

Orang-orang melihat semua ini. Mereka yang tertipu di antara mereka berkata, “Semoga Qarun menikmati berkatnya. Dia sangat beruntung, dengan uang dan statusnya yang tinggi.” 

Ketika beberapa orang Shaleh mendengar hal itu, mereka menyarankan mereka untuk tidak tertipu oleh kekayaan dunia ini.

Qarun mencapai tempat di mana Nabi Musa mengajar orang-orang. 

Qarun memanggil Nabi Musa, “Hai Musa, jika kamu lebih disukai daripada aku karena Kenabianmu, aku lebih disukai daripadamu karena uangku. Jika engkau mau, buat permohonan kepada Tuhan untuk melawanku.”

Nabi Musa datang dengan hati yang teguh, mengandalkan Allâh. Qarun mulai meminta pertolongan Tuhan, tetapi dia tidak dijawab. 

Kemudian Nabi Musa berkata, “Ya Allâh, perintahkan Bumi untuk mematuhi aku hari ini.” 

Kemudian Nabi Musa berbicara pada Bumi dan berkata, “Wahai Bumi, ambillah mereka.“

Qarun dan para pengikutnya yang jahat mulai tenggelam ke dalam tanah. 

Pertama, hanya kaki mereka yang tenggelam. 

Kemudian Nabi Musa berkata, “Wahai Bumi, ambil mereka hingga ke lutut mereka.” 

Mereka tenggelam hingga lutut mereka. 

Kemudian Nabi Musa meminta agar mereka tenggelam ke pundak mereka dan Bumi melakukannya. 

Akhirnya, Nabi Musa memberi tahu Bumi untuk mengambil mereka sepenuhnya, bersama dengan semua hartanya.

Bumi bergetar di bawah rumah Qarun. Bumi menelan semua uang Qarun di dalam rumah itu. 

Ketika orang-orang melihat itu, mereka bertobat dan memuji Allâh. Mereka bersyukur kepada Allah bahwa mereka tidak dibuat seperti Qarun dan para pengikutnya yang jahat.

Nabi Musa penuh dengan Bârakah

Nabi MuHammad, Sallallâhu ^alayhi wa Sallam, mengutip banyak pelajaran dari Nabi Musa. Nabi kita menceritakan tentang sebuah kisah yaitu Bani Israel biasa mandi telanjang, mereka bisa melihat tubuh telanjang teman-teman mandi mereka. 

Namun Nabi Musa memilih mandi sendiri, jauh dari orang-orang, sehingga matanya tidak akan jatuh ke area tubuh mereka yang tidak boleh mereka tunjukkan kepada orang lain. 

Salah satu dari orang-orang ini berkata, "Apa yang membuat Nabi Musa tidak mandi bersama kita, kecuali bahwa dia memiliki cacat di tubuhnya, yang ingin dia sembunyikan dari kita."

Setelah Nabi Musa pergi untuk mandi. Dia meletakkan pakaiannya di atas batu. Batu itu bergerak dengan membawa pakaian Nabi Musa. 

Dia menangis, “Wahai batu, bajuku!” 

Karena Nabi Musa berlari mengejar batu dan pakaiannya, beberapa dari mereka melihat tubuh telanjang Nabi Musa, tanpa Nabi Musa memperhatikan mereka melihat dia. Nabi Musa sibuk mengejar batu itu dengan pakaiannya. 

Orang-orang itu berkata, “Demi Tuhan, Nabi Musa tidak memiliki cacat apapun di tubuhnya.” 

Ketika Nabi Musa mencapai ke batu itu, dia mengambil pakaiannya dan mulai memukul batu itu dengan pakaiannya. 

Abu Hurayrah meriwayatkannya dari Nabi, “Demi Tuhan, batu ini memiliki enam atau tujuh tanda yang tersisa di atasnya sebagai hasil dari pemukulan Nabi Musa.”

Hadits ini membawa banyak manfaat. Salah satunya adalah bahwa para Nabi tidak memiliki cacat fisik dan kekurangan. Allâh membuat peristiwa luar biasa berupa batu yang berjalan dengan pakaian Nabi Musa untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa tubuh Nabi Musa bersih dari segala cacat. Jika para Nabi tidak memiliki cacat tersembunyi, tentunya mereka tidak memiliki cacat yang nyata. Jika ini adalah kasus dengan cacat fisik, bagaimana para Nabi memiliki cacat berkaitan dengan perilaku mereka terhadap orang-orang? 

Para Nabi bersih dari perilaku yang buruk terhadap kaumnya

Al Qadi ^Iyad berkata, “Para Nabi bersih dari segala cacat dan kekurangan dalam fisik atau perilaku. Tidak ada sejarawan yang menyatakan bahwa para Nabi memiliki cacat. Sebaliknya, bahwa Allâh membuat mereka bersih dari semua cacat. Mereka bersih dari segala sesuatu yang dipandang oleh orang-orang sebagai buruk atau menjijikkan.”

Wafatnya Nabi Harun dan Nabi Musa

Nabi Harun wafat mendahului Nabi Musa, waktu ketika Bani Israil masih tersesat selama 40 tahun di At-Tih. 

Setelah Nabi Harun meninggal, beberapa Bani Israel menuduh Nabi Musa membunuh saudaranya sendiri. 

Nabi Musa berkata kepada mereka, “Celakalah kalian! Kalian mengatakan bahwa aku membunuh saudaraku sendiri (yang pula Nabi dan Rosul)?” 

Hati hitam bagaikan batu yang menuduh bahwa Nabi Musa membunuh saudaranya sendiri, yang juga seorang Nabi dan Rasul Allah! Ini adalah kekufuran.

Ketika orang-orang ini bersikeras dengan tuduhannya tentang masalah wafatnya Nabi Harun, Nabi Musa berdoa kepada Allâh untuk mengungkap masalah itu kepada mereka. 

Allâh membuat Nabi Harun dibangkitkan di atas panggung mereka. Mereka menyadari bahwa Nabi Musa telah jujur dalam apa yang dia katakan, bahwa dia tidak membunuh saudaranya.

Dalam Hadith al-Bukhariyy dan Muslim, meriwayatkan bahwa suatu saat, Malaikat ^Azra'il, Malaikat Maut, datang kepada Nabi Musa. Musa tidak mengenalinya, dia datang dalam bentuk manusia. Musa berpikir bahwa malaikat ini adalah seseorang yang datang untuk menyakitinya. 

Nabi Musa memukulnya dan matanya muncul/keluar. Kemudian Allâh membuat mata malaikat itu kembali lagi.

Malaikat Maut datang lagi kepada Nabi Musa. Kali ini Nabi Musa mengenalinya. 

Malaikat ^Azra'il bertanya kepada Nabi Musa, “Apakah engkau ingin hidup? Jika engkau ingin hidup, letakkan tanganmu di atas kulit lembu. Jumlah rambut yang tertutup telapak tanganmu akan menjadi jumlah tahun yang mana engkau akan hidup.” 

Nabi Musa bertanya, “Setelah itu apa yang akan terjadi?” 

Malaikat Maut berkata, “Kamu akan meninggal.” 

Nabi Musa kemudian berkata , "Biarlah aku meniggal sekarang." 

Kemudian Nabi Musa meninggal. Makamnya dekat bukit merah di samping jalan, di Jericho (Ariha). Ada sebuah masjid dengan nama Musa, di mana dia makamkan.

Nabi Musa wafat pada umur 120 tahun.

Posting Komentar untuk "Makna Bait Ke 18 Nadhom Aqidatul Awamm Kisah Nabi Harun dan Musa Alahimassalaam"